Jumat, 11 Januari 2013

Penyakit radang sendi pada lutut

Radang sendi pinggul serta lutut yaitu dua sendi yang sangat kerap merasa nyeri dikarenakan sangat banyak terima beban. pemicu utama nyeri ke-2 sendi tersebut juga bukan hanya penyakit rematik atau asam urat.

Pada umur dibawah 45 th., pemicu utama nyeri ke-2 sendi ini yaitu peradangan otot serta kapsul pembungkus sendi akibat peregangan yang terlalu berlebih, layaknya contohnya dikarenakan olah raga atau terpeleset. sesaat diatas usia 45 th., pemicu utama nyeri ke-2 sendi tersebut yaitu pengapuran sendi ( osteoartritis ), bukan hanya penyakit rematik atau asam urat, layaknya kepercayaan beberapa orang

Pengapuran sendi adalah satu penyakit yang dikarenakan oleh menipisnya tulang rawan sendi. tulang rawan berperan melapisi tiap-tiap ujung tulang pembentuk sendi, hingga sendi bisa bergerak bebas tanpa rasa sakit. bila tulang rawan tersebut menipis, ujung tulang tidak dilapisi lagi oleh tulang rawan serta dapat saling bergesekan dengan segera hingga menyebabkan rasa nyeri.

Tanda-tanda pengapuran sendi

Tanda-tanda pengapuran sendi stadium awal umumnya berbentuk nyeri serta kekakuan sendi sesudah lama tidak bergerak, layaknya sesudah bangun tidur atau duduk kurun waktu yang lama. sendi lutut juga merasa sakit jika dipakai melakukan aktivitas, layaknya jalan kurun waktu yang lama, naik-turun tangga, atau berjongkok. kerap terdengar bunyi “krek-krek” pada waktu sendi lutut digerakkan.

Pada stadium yang lebih berat, rasa sakit bukan sekedar dirasakan saat melakukan aktivitas, namun juga pada waktu istirahat. pada stadium yang lanjut, tak hanya rasa sakit yang makin hebat, sendi lutut jadi kaku serta bengkok layaknya huruf o atau huruf kali. pasien pengapuran sendi yang berat lazim jalan pincang.

Pada photo rontgen, celah sendi yang alami pengapuran sendi terlihat lebih sempit di banding celah sendi yang normal sebagai akibat penipisan tulang rawan sendi. hasil photo rontgen inilah yang lazim dipakai untuk memastikan berat ringannya ( stadium ) pengapuran sendi. ada 4 stadium pengapuran sendi ; stadium 1 serta 2 dikategorikan sebagai pengapuran sendi mudah, sesaat stadium 3 serta 4 sebagai pengapuran sendi yang berat.

Pengobatan radang sendi lutut

Penyembuhan pengapuran sendi berlainan bergantung stadiumnya. pengapuran sendi derajad mudah ( yakni stadium 1 serta 2 ) tetap bisa sembuh dengan penyembuhan yang pas, layaknya turunkan berat badan serta pemberian obat berbentuk ( 1 ) obat anti-radang serta anti-nyeri, ( 2 ) suplemen yang memiliki kandungan glukosamin serta kondroitin sulfat untuk menumbuhkan tulang rawan, ( 3 ) obat pelumas sendi yang butuh disuntikkan ke didalam sendi, dan ( 4 ) operasi dengan kamera serta alat spesial yang dimasukkan ke didalam sendi melewati sayatan kecil untuk bersihkan permukaan tulang rawan sendi yang berserabut serta buang “kotoran” lain didalam sendi. operasi sejenis ini dimaksud “arthroscopic debridement”.

Injeksi pelumas sendi serta glukosamin cuma berguna untuk pengapuran sendi derajad mudah ( stadium 1 serta 2 ). untuk pengapuran sendi derajad berat ( stadium 3 serta 4 ) obat tersebut tidak berguna dikarenakan tulang rawan sendi sudah menipis serta apalagi hilang sekalipun hingga tak ada lagi tulang rawan yang tersisa untuk dilumasi serta ditumbuhkan lagi.

Banyak pasien yang kecewa sudah memperoleh suntikan obat pelumas sendi, namun tidak pulih. banyak salah satunya memperoleh suntikan 5 hingga 10 kali pada ke-2 lututnya, namun terus merasa nyeri. perihal ini dikarenakan dikarenakan mereka sudah alami pengapuran sendi stadium 3 atau 4, hingga wujud penyembuhan untuk stadium 1 serta 2 tersebut tidak berguna lagi.

Operasi penggantian sendi

Oleh dikarenakan itu, penyembuhan paling baik untuk pengapuran sendi lutut serta pinggul stadium 3 serta 4 yaitu operasi penggantian sendi. operasi ini dikerjakan untuk ganti sendi yang sudah rusak akibat pengapuran sendi dengan sendi buatan ( prosthesis ).

Operasi penggantian sendi lutut bukan sekedar menyingkirkan rasa sakit sendi yang sudah rusak, namun juga bikin sendi lutut yang bengkok jadi lurus kembali sesudah operasi. sesudah melakukan operasi penggantian sendi, pasien diijinkan untuk jalan cepat, naik tangga, berenang, naik sepeda, berdansa serta apalagi bermain golf.

Operasi penggantian sendi lutut serta pinggul tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit yang lama. tiga hari sesudah operasi, pasien mulai dilatih jalan dengan alat bantu penyangga yang dimaksud walker. lama perawatan di rumah sakit berkisar 4 hingga 5 hari. pasien umumnya dapat jalan layaknya orang normal tanpa pertolongan walker lebih kurang 3-4 minggu sesudah operasi.

Operasi penggantian sendi safe untuk orang tua ; kenyataanya nyaris seluruh pasien pengapuran sendi yaitu orang tua. operasi ini juga safe untuk beberapa pasien kencing manis, hipertensi serta jantung selama hasil kontrol fisik serta laboratorium didalam batas normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...