Jumat, 11 Januari 2013

Radang sendi jari dan pergelangan tangan

Nyeri sendi jari-jari tangan bisa dikarenakan oleh penyakit rematik. tetapi demikianlah, janganlah tergesa-gesa berasumsi seluruh nyeri pada sendi jari-jari serta pergelangan tangan senantiasa dikarenakan oleh penyakit rematik.

pada sendi yang alami osteoarthritis, penipisan tulang rawan penutup sendi serta penurunan mutu ataupun jumlah cairan sendi dapat mengakibatkan reaksi radang serta gesekan pada ujung tulang sendi. perihal inilah yang mengakibatkan kekakuan serta rasa nyeri pada sendi.

Pada prinsipnya, seluruh sendi di tubuh bisa alami osteoarthritis. tetapi demikianlah, lokasi yang sangat kerap terkena yaitu tulang belakang, jari-jari tangan, sendi panggul, serta lutut. ini karena sendi-sendi tersebut kerjanya relatif sangat berat, osteoarthritis bisa dicetuskan oleh banyak factor. diantaranya kelainan bawaan pada tulang serta sendi yang mengakibatkan pergantian wujud abnormal pada sendi, hingga, lebih gampang alami osteoarthritis.

Disamping itu, cedera pada sendi ( patah tulang sendi atau dislokasi dengan kata lain berubah ) yang tidak memperoleh penanganan yang adekuat juga bisa mengakibatkan osteoarthritis. penyakit ini pada tangan serta lutut kerap ditemukan pada type orang yang melakukan aktivitas fisik lebih.

Ada sebagian penyakit lain yang seringkali mengakibatkan nyeri sendi di tempat tangan di banding penyakit rematik. yakni penyakit trigger finger penyakit de quervain, serta carpal tunnel syndrome.
Ketiga penyakit itu seringkali tentang wanita di banding lelaki. penyakit trigger finger berlangsung akibat terjepitnya otot jari-jari di tempat telapak tangan. tanda-tanda yang khas yaitu ada nyeri pada pangkal jari tangan, terlebih bila jari-jari dipakai untuk menggenggam. jari kerap layaknya tersangkut pada waktu dilipat serta merasa nyeri bila diluruskan kembali

Penyakit trigger finger terjadi akibat terjepitnya otot jari-jari di daerah telapak tangan.. Gejala yang khas adalah adanya nyeri pada pangkal jari tangan, terutama jika jari-jari digunakan untuk menggenggam. Jari sering seperti ”tersangkut” pada saat dilipat dan terasa nyeri jika diluruskan kembali.
Penyakit De Quervain timbul akibat terjepitnya otot ibu jari tangan. Nyeri terasa di daerah pergelangan tangan di sebelah atas pangkal ibu jari. Rasa nyeri timbul pada saat tangan dipakai menggenggam atau mengangkat sesuatu, misalnya gayung untuk mandi.
Penyebab lain nyeri jari-jari tangan adalah Carpal tunnel syndrome (CTS) yang disebabkan terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Gejala CTS yang lebih menonjol dibanding rasa nyeri adalah rasa tebal dan kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan manis; jari kelingking tidak mengalami gejala semacam itu.
Sekali lagi, ketiga penyakit tersebut di atas jauh lebih sering mengakibatkan nyeri sendi jari-jari dan pergelangan tangan dibanding rematik dan asam urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...