Jumat, 11 Januari 2013

Apa itu penyakit gagal ginjal?

Penyakit gagal ginjal yaitu satu penyakit di mana fungsi organ ginjal alami penurunan sampai selanjutnya tak akan dapat bekerja sama sekali didalam perihal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, melindungi keseimbangan cairan serta zat kimia tubuh layaknya sodium serta kalium di dalam darah atau produksi urine.

Penyakit gagal ginjal ini bisa menyerang siapapun yang menderita penyakit serius atau terluka di mana perihal itu beresiko segera pada ginjal itu sendiri. penyakit gagal ginjal seringkali dialamai mereka yang berumur dewasa, terutama pada kaum lansia.

Pemicu gagal ginjal
Berlangsungnya gagal ginjal dikarenakan oleh sebagian penyakit serius yang didedrita oleh tubuh yang mana dengan perlahan-lahan beresiko pada rusaknya organ ginjal. adapun sebagian penyakit yang kerapkali beresiko rusaknya ginjal salah satunya :
• penyakit tekanan darah tinggi ( hypertension )
• penyakit diabetes mellitus ( diabetes mellitus )
• ada sumbatan pada saluran kemih ( batu, tumor, penyempitan/striktur )
• kelainan autoimun, contohnya lupus eritematosus sistemik
• menderita penyakit kanker ( cancer )
• kelainan ginjal, di mana berlangsung perubahan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri ( polycystic kidney disease )
• rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau efek dari penyakit darah tinggi. arti kedokterannya dikatakan sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit yang lain yang juga bisa mengakibatkan kegagalan manfaat ginjal jika tidak cepat dikerjakan diantaranya yaitu ; kehilangan carian banyak yang mendadak ( muntaber, perdarahan, luka bakar ), dan penyakit yang lain layaknya penyakit paru ( tbc ), sifilis, malaria, hepatitis, preeklampsia, obat-obatan serta amiloidosis.

penyakit gagal ginjal berkembang dengan perlahan kearah yang makin jelek di mana ginjal sekalipun tak akan dapat bekerja sebagaimana funngsinya. didalam dunia kedokteran dikenal 2 jenis type serangan gagal ginjal, akut serta kronik.

Obat untuk penyakit gagal ginjal


penanganan dan penyembuhan gagal ginjal bergantung dari pemicu berlangsungnya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. pada intinya, tujuan penyembuhan yaitu untuk mengendalikan tanda-tanda, meminimalkan komplikasi serta memperlambat perubahan penyakit. sebagai perumpamaan, pasien barangkali butuh lakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein serta cairan. apabila diketahui pemicunya yaitu efek penyakit lain, maka dokter dapat berikan obat-obatan atau therapy contohnya pemberian obat untuk penyembuhan hipertensi, anemia atau barangkali kolesterol yang tinggi.

seseorang yang alami kegagalan fungsi ginjal amat butuh dimonitor pemasukan ( intake ) serta pengeluaran ( output ) cairan, hingga tindakan serta penyembuhan yang didapatkan bisa dikerjakan dengan baik. didalam sebagian masalah serius, pasien dapat dianjurkan atau diberikan tindakan pencucian darah {haemodialisa ( dialysis )}. kemungkinan yang lain yaitu dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

Tindakan pencegahan diserang penyakit ginjal
kita yang didalam situasi “merasa sehat” sekurang-kurangnya diinginkan bisa lakukan kontrol kedokter/kontrol/laboratorium. namun untuk mereka yang dinyatakan alami masalah ginjal, baik mudah atau tengah diinginkan waspada saat mengkonsumsi oabat-obatan layaknya obat rematik, antibiotika spesifik serta jika terinfeksi segera diobati, jauhi kekurangan cairan ( muntaber ), kontrol dengan periodik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...