Jumat, 11 Januari 2013

Diet untuk penderita Gagal ginjal

Waktu anda menderita gagal ginjal kronik, anda butuh ganti pola makan anda. pengaturan diet ini mempunyai tujuan untuk melindungi kesimbangan elektrolit, mineral, serta cairan pada pasien gagal ginjal, dan membatasi jumlah zat sisa metabolisme yang tertimbun didalam tubuhnya. pengaturan diet ini mesti sesuai dengan tingkat keparahan masalah manfaat ginjal seorang pasien, hingga mesti ditanyakan lagi dengan dokter yang menjaga pasien gagal ginjal tersebut. dengan umum, yang perlu di perhatikan yaitu :

Pembatasan mengonsumsi protein. amatlah mutlak untuk memperoleh jumlah protein yang pas dikarenakan protein dibutuhkan untuk membentuk otot, melakukan perbaikan jaringan yang rusak serta melawan infeksi. konsumsi protein yang cocok dapat bikin tubuh memperoleh protein yang cukup tanpa membuahkan urea ( hasil metabolisme protein ) terlalu berlebih serta memperberat kerja ginjal.

Protein hewani datang dari telur, ikan, daging, keju, serta susu. protein nabati datang dari kacang-kacangan serta biji-bijian.
pengurangan mengonsumsi garam. batasi mengonsumsi garam hingga 4-6 gram 1 hari untuk menghindar timbunan cairan didalam tubuh serta menolong mengontrol tekanan darah anda.

Batasi konsumsi cairan. pada stadium awal, barangkali anda tak perlu membatasi konsumsi cairan. tetapi, waktu manfaat ginjal memburuk serta pasien melakukan dialisis ( bersihkan darah ), pasien dapat membuahkan urin didalam jumlah amat sedikit atau apalagi tidak kencing sekalipun. perihal ini dapat mengakibatkan timbunan cairan didalam tubuh hingga mengakibatkan timbunan cairan di jantung, paru serta tungkai. yang terhitung cairan yaitu air minum, kuah sayuran, kuah sup, jeli dan seterusnya.

Batasi konsumsi kalium dikarenakan ginjal yang telah rusak tidak bisa membuangnya dari didalam tubuh. kalium yang tinggi dapat mengakibatkan irama jantung yang tidak normal serta apalagi bisa mengakibatkan kematian. perumpamaan makanan dengan kandungan kalium yang tinggi yaitu pisang, jeruk, alpukat, kiwi, kismis, kacang-kacangan, kentang, asparagus, tomat, serta labu. pastikan peach, pear, cherry, apel, strawberry, nanas, serta semangka, brokoli, kol, wortel, bunga kol, seledri, ketimun, terong, selada, bawang.

Batasi konsumsi fosfor untuk melindungi kesehatan tulang. berlebihan fosfor didalam darah dapat mengakibatkan kalsium menyusut hingga tulang jadi rapuh. perumpamaan makanan yang tinggi fosfor yaitu telur, susu, yoghurt, keju, biji-bijian, serta minuman bersoda. anda barangkali dapat membutuhkan kalsium tambahan serta vit. d untuk melindungi keseimbangan kalsium serta fosfor didalam tubuh anda.

Konsumsi kalori mesti tetapcukup untuk menghindari penghancuran jaringan tubuh yang telah ada. bila anda mempunyai berat badan berlebih, anda barangkali mesti kurangi konsumsi karbohidrat. lemak bisa jadi sumber kalori yang baik untuk tubuh. yakinkan lemak yang dikonsumsi terhitung didalam golongan monounsaturated serta polyunsaturated ( contohnya minyak zaitun, canola ) untuk menolong membuat perlindungan pembuluh darah anda.
Pasien dengan gagal ginjal kronik umumnya alami anemia serta memerlukan suplemen zat besi. makanan yang memiliki kandungan banyak zat besi yaitu hati, daging sapi, daging ayam, sereal yang diperkaya dengan zat besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...